Selasa, 11 Maret 2014

Telekomunikasi

Telekomunikasi ” kata berasal dari bahasa yunani “tele” yang berarti “dalam sebuah jarak ” dan makna kata “komunikasi” yang berarti “ilmu pengetahuan dan praktik pengiriman informasi “.  Sebuah definisi yang lebih berguna diberikan dalam Kamus Teknologi Komunikasi sebagai ” sebuah istilah yang mencakup transmisi atau penerimaan sinyal, gambar, suara, atau informasi dengan media kawat, radio, optik, atau infra merah
“.
Telekomunikasi memainkan peran penting dalam perdagangan internasional, dan di negara-negara industri , semua itu adalah sebuah keharusan yang harus diterima. Jaringan telekomunikasi di semua negara yang dihubungkan bersama untuk membentuk jaringan telekomunikasi global untuk membawa semua jenis informasi . Public switched telephone network ( PSTN ) awalnya dikembangkan semata-mata untuk membawa komunikasi suara, tetapi hari ini membawa lalu lintas komunikasi data yang terus meningkat. Internet menggunakan sirkuit PSTN untuk membawa data, dan pertumbuhan fenomenal internet telah mendorong pertumbuhan penggunaan data dalam sirkuit PSTN. Di beberapa negara, account lalu lintas Internet selama ini lebih dari setengah lalu lintas PSTN total.
Layanan nirkabel memiliki dampak yang besar terhadap pertumbuhan jaringan telekomunikasi. Di negara-negara industri mereka digunakan untuk komunikasi bisnis mobile yang kian meningkat. Di sisi lain, di negara berkembang, mereka memungkinkan banyak pelanggan di pusat-pusat populasi utama untuk mendapatkan layanan telekomunikasi yang terjangkau. Operator telekomunikasi tidak harus berinvestasi dalam biaya yang sangat tinggi dari distribusi pelanggan tetap bagi pelanggan individu dan dapat melayani ribuan pelanggan dari satu site pemancar. Layanan dapat diberikan segera – dengan waktu yang dibutuhkan untuk pembelian telepon selular, menandatangani kontrak layanan dan mengatur koneksi jaringan dengan cara panggilan telepon atau pesan data ke penyedia layanan.

Prinsip-prinsip telekomunikasi :

• Jaringan telekomunikasi yang digunakan untuk memberikan layanan kepada pengguna.
• Sebuah Layanan mensyaratkan eksekusi dari beberapa program yang berasal dari entitas dan tujuan.
• Layanan tersebut adalah didekomposisi menjadi lapisan yang berbeda dengan entitas yang memulai, di mana setiap lapisan melakukan bagian tertentu dari layanan secara keseluruhan. Hal ini membuat layanan lebih mudah dikelola dan memungkinkan interoperabilitas antara vendor. Model referensi OSI menjelaskan arsitektur berlapis.
• Layanan telekomunikasi termasuk transfer informasi, sinyal, dan penagihan.
• Informasi yang ditransfer melalui jaringan dalam bentuk bit. Bit ini memiliki bentuk yang berbeda tergantung pada jenis media transmisi; sinyal lelektrik pada kabel tembaga, pulsa cahaya dalam kabel serat optik dan gelombang elektromagnetik perjalanan melalui ruang pada sinyal radio.
• Sinyal dapat rusak selama transmisi,karena gangguan.
• Protokol menggabungkan koreksi kesalahan dan mekanisme pendeteksian untuk mengatasi kesalahan.

Standar Telekomunikasi

Standar telekomunikasi sangat penting bagi mengaktifkan PSTN global agar berfungsi. Hal ini jelas bahwa ketika panggilan telepon atau pesan data berasal di satu negara dan berakhir di negara lain, baik pengirim dan penerima perlu memahami pesan masing-masing. Hal ini paling mudah dicapai dengan menggunakan format pesan standar. Hal ini memungkinkan pesan untuk berhasil melewati sejumlah negara, sebagaimana diperlukan, sepanjang jalan.
Standarisasi ini diberikan oleh dua organisasi internasional; International elecommunication Union (ITU ), dan International Standardisasi Organisasi (ISO ). Ini dilengkapi oleh banyak lembaga standarisasi nasional.
ITU memberikan rekomendasi, yang berfungsi sebagai standar di seluruh dunia, meskipun mereka tidak mengikat secara hukum. Sebelum Januari 1993, rekomendasi telekomunikasi dikeluarkan oleh CCITT (International Consultative Committee for Telephone and Telegraph), yang sekarang telah direorganisasi ke sektor telekomunikasi standardisasi ITU. Rekomendasi mereka dilambangkan ITU-T. Demikian juga denganInternational Consultative Committee for Radio ( CCIR ) menangani standarisasi komunikasi radio. Ini sekarang telah menjadi ITU komunikasi sektor radio dan memberikan rekomendasi ITU -R.
ISO telah mengeluarkan banyak hal komunikasi data standar yang penting . Salah satu yang paling penting adalah interkoneksi sistem model referensi terbuka. Banyak organisasi standar nasional yang berafiliasi dengan ISO, termasuk American National Standards Institute ( ANSI ).
Beberapa organisasi standar telekomunikasi penting lainnya:
• Electronics Industries Association (EIA)
• Telecommunication Industry Association (TIA)
• European Telecommunication Standardisation Institute (ETSI)
• Institute of Electrical and Electronic Engineers (IEEE)
• International Electrotechnical Commission (IEC).
Standar telekomunikasi juga dikembangkan oleh kelompok produsen dan pengguna yang merumuskan standar. Ini menjadi ad hoc standar industri dan selanjutnya dapat dimasukkan dalam rekomendasi dari organisasi standar internasional. Beberapa contoh dari kelompok ini adalah frame relay forum, forum ADSL dan forum ATM.

Sumber Dari : http://aellyas.wordpress.com/2011/09/22/telekomunikasi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar